Candi Gebang, Situs Kuno Eksotis Yang Jarang Terjamah

Yogyakarta menyimpan berbagai macam peninggalan candi yang sayang untuk dilewatkan. Masih ada beberapa candi yang memang jarang tersentuh oleh pengunjung. Salah satunya yaitu Candi Gebang.

Candi Gebang merupakan sebuah candi Budha yang ditemukan oleh warga sekitar pada tahun 1936. Keunikan bangunan candi ini terlihat dari tidak adanya tangga seperti candi-candi pada umumnya di Yogyakarta. Jika kamu ingin menikmati susana tenang dengan panorama alam serta candinya yang eksotis. Objek wisata candi ini bisa menjadi pilihan alternative yang tepat untuk menghabiskan liburan maupun akhir pekan.

Eksotisme Agama Budha Terukir Di Candi Gebang Ini

Candi tersebut sebuah destinasi wisata yang masih jarang dilirik oleh pengunjung. Hal ini membuat keindahan candi dan sekitarnya masih nampak alami dan sepi. Terletak di tengah-tengah desa,membuat candi ini benar-benar damai dan jauh dari hiruk-pikuk keramaian perkotaan. Candi Gebang hanya terdiri dari satu candi saja, tidak seperti candi-candi lainnya yang terdiri atas beberapa bangunan dalam satu kawasan. Selain itu, lokasi candi tersebut berada di ladang padi yang membentang. Hembusan angin menerpamu dengan lembut membuat suasana menjadi sangat tenang penuh dengan kedamaian.

Candi Gebang

Candi ini masih menjadi primadona bagi beberapa wisatawan pemburu ketenangan. Pemandangannya yang begitu elok membuat pengunjung betah berlama-lama disini. Jika kamu adalah penggemar fotografi, Candi Gebang Jogja ini juga cocok untuk dijadikan spot foto keren. Struktur bangunan candinya yang masih gagah berdiri serta pemandangan sekitarnya yang asri dan udaranya yang sejuk serta suasananya yang masih sepi memberikan ruang gerak leluasa untuk berfoto. Untuk mengambil foto di candi ini,  sebaiknya datang di waktu pagi atau siang hari.

Ada Fasilitas Taman Bermain Anak Di Sekitar Candi

Nah, jika kamu yang membawa anak kecil tidak perlu khawatir dan ragu karena di sekitar kawasan candi ini terdapat taman yang cukup luas dan bisa kamu gunakan untuk bersantai sambil menggelar tikar. Anak-anak pun bisa bermain dengan leluasa di taman tersebut, dan pastikan untuk tetap memantau kegiatan anak-anak demi keamanan dan kenyamanan bersama.

Candi lain berikut ini juga harus kamu kunjungi:

Candi Gebang berada di dekat Stadion Maguwoharjo dan Embung Tambak Boyo. Tepatnya berada di Kabupaten Sleman, Dusun Gebang, Kelurahan Widomartani, Ngemplak, Yogyakarta. Akses menuju lokasi destinasi wisata ini masih cukup sulit karena terletak di daerah yang agak terpencil, jauh dari pemukiman warga. Namun, untuk kondisi jalannya sendiri sudah bagus dan bisa dilalui oleh motor maupun mobil.

Rute Termudah Menuju Candi Gebang

Rute menuju Candi Gebang sebenarnya cukup mudah, kamu bisa berangkat dari ringroad Kaliurang menuju ke timur, ke arah Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Yogyakarta. Beberapa meter sebelum pertigaan ringroad lampu merah UPN, kamu akan menemui sebuah pertigaan yang dipenuhi papan reklame perumahan. Bila diperhatikan di depan pertigaan tersebut terdapat sebuah papan petunjuk arah menuju Candi Gebang. Kamu hanya perlu mengikuti jalan hingga melewati pasar Condong Catur, dan kamu akan sampai di sebuah pertigaan semu yang memiliki papan petunjuk arah menuju candi ini. Ikuti papan tersebut hingga tiba di tugu Sleman dengan papan petunjuk arah candi. Ikuti saja arah tersebut hingga sampai di Candi Gebang.

Candi Gebang berada di Desa Gebang, Kelurahan Wedomartani, Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Kamu akan dikenakan tarif Rp. 5.000,- untuk biaya masuk ke kawasan candi. Fasilitas di Candi Gebang ini belum cukup memadai. Namun sudah ada tempat parkir yang cukup luas dan nyaman.

Nah, jika kamu yang ingin menikmati keindahan Candi Gebang, segera atur jadwal liburanmu. Pastikan membawa kendaraan sendiri atau bisa rental mobil di Onejogja karena tidak ada angkutan umum yang lewat di sekitar kawasan Candi.

About Author

client-photo-1
onejogja

Comments

Tinggalkan Balasan