Menyambut Lembayung Senja Di Candi Barong Jogja

Candi Barong Jogja

Apakah kamu sering merasa bosan dan kurang semangat menyelesaikan pekerjaan? Bosan dalam melakukan pekerjaan termasuk salah satu tanda jika kamu kurang piknik. Ya, kenyataannya banyak sekali generasi milenial yang tidak memanfaatkan waktu untuk cuti. Mulailah mengatur jadwal untuk berlibur. Salah satu tempat wisata yang bisa kamu kunjung untuk liburanmu adalah Candi Barong.

Fakta Menarik Dari Candi Barong Berbeda Dengan Candi Yang Lain

Lokasi Candi Barong lumayan jauh dari jalan utama dan pusat kota membuat tempat ini menjadi nyaman untuk bersantai. Tepatnya berada di Dusun Candisari, Kelurahan Bokoharjo, Kecamatan Prambanan, Sleman. Candi ini bediri di kawasan perbukitan menjadikan hawa di kasawan candi sangat segar.  Situs budaya candi ini tidak jauh dari kompleks Istana Ratu Boko.

Disebut Candi Barong karena candi ini memiliki hiasan berbentuk kepala barong. Candi bercorak Hindu dan diperkirakan menjadi tempat pemujaan Dewa Wisnu karena ditemukannya arca Dewi Sri yang dibangun sekitar abad ke 9 Masehi. Bangunan candi ini terbuat dari batuan Andesit.

Candi Barong memiliki tiga buah teras yang semakin tinggi kearah timur. Teras pertama merupakan halaman paling luar dari candi, dibatasi dengan garis batu yang merupakan area kosong. Naik ke teras kedua, kamu akan menemukan beberapa umpak batu yang terbuat dari kayu. Di teras ketiga, kamu akan menemukan dua buah candi, candi pertama adalah tempat untuk pemujaan Dewa Wisnu dan candi kedua adalah tempat pemujaan Dewi Sri. Teras ketiga dianggap tempat yang sakral karena digunakan untuk memuja dewa dewi. Untuk memasukinya, kamu harus melewati tangga dan sebuah pintu gerbang yang terbuat dari batu andesit.

Candi Barong
Kedatangan Anda disambut
Source: Risalah Pejalan

Fasilitas di candi ini masih sangat minim. Jika kamu membawa kendaraan pribadi, tersedia area parkir tanpa karcis. Warung di sekitar Kompleks candi juga sudah tersedia. Tidak ada fasilitas berupa toilet dan mushola, tapi kamu bisa memanfaatkan rumah penduduk di sekitar candi. Namun, Jika kamu sangat tertarik untuk mengunjungi dan mempelajari Candi Barong, kamu dapat menghubungi Pos Jaga Unit Candi Barong yang berada di kawasan pintu masuk kompleks candi. Petugas jaga di kantor ini akan memberimu informasi tentang sejarah candi. Jika kamu memerlukan penginapan atau restoran, kamu dapat memperolehnya di sekitar Candi Prambanan.

Akses Rute Termudah Menuju Candi Barong Ini

Untuk mencapai Candi Barong, rutenya bisa kamu tempuh melalui Candi Prambanan dengan menggunakan bus TransJogja dengan trayek 1A atau 1B. Setelah sampai di sekitar Candi Prambanan, kamu dapat mengambil arah ke selatan. Jika kamu berangkat dari Jogja, ambilah jalur ke kanan, sedangkan Jika kamu berangkat dari Solo ambil arah ke kiri. Setelah sampai di pertigaan, terdapat petunjuk arah menuju ke Candi Barong. Tenang, Jika takut tersesat kamu bisa bertanya pada penduduk sekitar.

Harga Tiket Dan Jam Buka Candi Bersejarah Ini

Areal candi tersebut tidak terlalu luas sehingga kamu dapat menelusuri seluruh candi dalam waktu singkat. Candi ini tidak dalam pengelolaan Taman Wisata Candi Borobudur Prambanan, sehingga tiket masuk candi sangat murah yaitu Rp. 3000,- tiap orang. Namun, kamu bisa masuk area candi tanpa tiket masuk jika sedang tidak ada penjagaan.

Jam operasional Candi Barong mulai jam 06.00 sampai jam 17.00 WIB. Waktu berkunjung yang terbaik adalah ketika sore hari. Dari teras ketiga yang berada di tempat tinggi, kamu bisa mendapatkan udara perbukitan yang segar dan pemandangan sunset yang indah. Dari momen ini, kamu bisa berfoto membelakangi matahari hingga menciptakan siluet. Siluet candi dan manusia dengan background senja yang keemasan bisa menambah koleksi fotomu yang bisa membuat temanmu iri.

Menarik sekali kan? Yuk, ajak teman kantor atau pasanganmu berlibur di Candi Barong untuk sekedar menghilangkan bosan dalam menyelesaikan pekerjaan. Mulailah untuk merencanakan jadwal liburan ya. Untuk Candi lain yang menarik, coba cek ulasan kami tentang Candi Ratu Boko. Biar liburanmu makin komplit.

About Author

client-photo-1
onejogja

Comments

Tinggalkan Balasan