Candi Banyunibo, Menemukan Corak Kekinian Di Bangunan Kuno Nan Bersejarah

candi banyunibo

Sleman merupakan salah satu wilayah yang berada di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta yang memiliki ragam ciri khas yang menarik dan sayang untuk dilewatkan. Sleman tak pernah luput dari perhatian karena daerahnya yang penuh dengan aneka pesona wisata. Sleman disebut juga dengan Kota Gudang Candi. Dari banyaknya candi yang berada di Sleman, salah satu yang bertahan hingga saat ini adalah Candi Banyunibo.

Candi Banyunibo Dibalut Indahnya Ornamen Yang Artistik

Arti dari Banyunibo adalah air jatuh atau air menetes dalam Bahasa Jawa. Namun, kamu tidak akan menemukan tetesan air ataupun sumber air di sekitar candi. Bangunan Candi Banyunibo tidak sepopuler Candi Borobudur atau Candi Prambanan. Jika kamu lihat, candi ini memiliki corak yang sangat indah, motif di dindingnya terukir dengan halus dan kaya akan ornamen.

Candi Banyunibo
Tradisi Jemparingan (panahan) menjadi acara menarik.
Source: Tembi.net

Di setiap sisi candi akan kamu jumpai bermacam-macam hiasan dan relief. Di dinding candi yang terletak di bagian kakinya, Candi Banyunibo terbagi menjadi beberapa bidang. Pada setiap bidang diisi dengan pahatan dengan ornament tumbuh-tumbuhan yang mencuat dari pot bunga. Candi utama mengadap kearah barat, letaknya berada di antara ladang tebu dan persawahan. Diperkirakan ada 6 buah candi pendamping dengan bentuk stupa di sekeliling candi utama di sebelah barat dan timur. Candi pendamping terbuat dari batu putih yang mudah sekali rusak, berbeda dengan candi lainnya yang terbuat dari batu Andesit. Menyusuri bagian utara candi, kamu akan menjumpai tembok yang terbuat dari batu sepanjang 65 meter yang membujur dari arah barat ke timur. Candi pendamping berupa stupa yang telah runtuh diperkirakan berdiameter sekitar 5 meter.

Di Sini Udaranya Sejuk, Karena Diatas Bukit Yang Asri

Udara kota yang panas dan penuh polusi tidak akan kamu temukan disini. Suasana khas pedesaan yang sejuk akan memanjakanmu disini. Keunikan candi kuno yang berbalut corak kekinian ini sangat pantas untuk dabadikan melalui lensa kamera. Suasana alamnya yang sangat indah serta candinya yang eksotis akan membuatmu jatuh cinta. Sebagai tempat wisata, candi ini adalah candi yang sering didatangi pengunjung. Tidak hanya untuk menikmati momen yang menarik atau merasakan suasana alam yang apik dan indah disekitar candi, kamu juga akan dibuat penasaran dengan sejarah sekaligus latar belakang berdirinya Candi Banyunibo sebagai salah satu bangunan bersejarah yang sarat akan cerita di masa lampau.

Lokasi Mudah Dan Tiket Masuk Ke Candi Ini

Candi ini terletak di dusun Cepit, Kelurahan Bokoharjo, Prambanan, Yogyakarta. Rute menuju ke Candi Banyunibo terbilang cukup mudah, lebih baik jika kamu menggunkan kendaraan pribadi karena akses menggunakan kendaraan umum masih sangat sedikit. Untuk menuju ke lokasi dari pusat Jogja, arahkan saja kendaraanmu ke timur melalui jalan Jogja-Solo menuju ke Candi Prambanan. Sampai di pertigaan lampu merah sebelum Candi Prambanan, ambil arah ke kanan menuju ke jalan Piyungan. Tinggal mengikuti jalan itu hingga menemukan pertigaan kecil, terdapat papan penunjuk arah ke Ratu Boko lalu belok ke kiri hingga melewati area persawahan. Jalan beraspal dan cukup rusak akan mengantarkanmu meuju ke perempatan yang lumayan besar. Dari situ kamu akan menemukan papan petunjuk yang besar, jika kea rah kiri menuju Ratu Boko, kea rah kanan menuju Candi Ijo dan lurus ke Candi Banyunibo. Letak candi yang berada di tengah ladang tebu mungkin akan membuatmu sedikit kesulitan. Jika kamu kesulitan dan takut kesasar, bertanyalah pada penduduk sekitar. Dijamin penduduknya akan dengan ramah dan senang hati membantumu.

Pengelola Candi Banyunibo memasang tarif masuk sebesar Rp. 2.000,- per orang. Jangan kawatir, meskipun letaknya di tengah area persawahan, fasilitas yang tersedia sudah cukup lengkap seperti toilet, papan informasi, tempat duduk dan tempat parkir yang cukup luas.

Sambil menikmati momen liburanmu yang asyik, yuk kunjungi Candi Banyunibo untuk menikmati pesonanya yang begitu indah. Cek juga ulasan kami tentang Candi Ijo, supaya kamu makin banyak referensi tujuan wisata.

About Author

client-photo-1
onejogja

Comments

Tinggalkan Balasan