Bukit Pengilon, Sensasi Pulau Jeju Rasa Indonesia

Pernah merasakan keindahan pantai dari atas Bukit? Kamu tidak perlu pergi ke luar negeri seperti ke Pulau Jeju di Korea Selatan. Di kawasan pantai Gunungkidul terdapat satu bukit yang terletak tepat di bibir pantai dan merupakan salah satu tempat wisata di Jogja terbaik. Namanya adalah Bukit Pengilon.

Melihat Hamparan Laut di Atas Bukit Pengilon

Pantai di Bukit Pengilon tidak sama seperti pantai lainnya di Gunungkidul yang biasanya berpasir putih yang lengkap dengan pepohonan pantai. Di bukit ini terdapat hamparan rumput di atas bukit dan berada tepat di garis pantai selatan. Di bukit ini kamu bisa merasakan angin lembut dengan aroma air laut yang sangat segar meskipun diterpa panas matahari.

Bukit pengilon
Pemandangan ke laut dari atas bukit.
Sumber: Ardiankusuma.com

Bukit Pengilon memiliki lokasi yang sangat unik karena berada tepat di bawah kaki Gunung Purba Batur yang merupakan gunung aktif jutaan tahun lalu di kawasan Gunungkidul. Di tempat ini kamu bisa dengan puas melihat hamparan luas samudera hindia berwarna biru dari ketinggian karena memang lokasi bukit ini di atas bukit yang luas, dengan jumlah pepohonan yang sedikit dan tanpa bebatuan yang menghalangi.

Wisata di bukit ini kamu akan menemukan ketenangan. Lokasi bukit tersebut cukup terpencil, dan harus melewati jalan setapak terlebih dahulu dari Pantai Watu Lumbung. Namun saat melakukan perjalanan, kamu tidak akan merasa capek maupun bosan, ini dikarenakan di sepanjang perjalanan ini kamu disuguhi pemandangan alam yang sangat menakjubkan seperti bebatuan pantai, lautan luas yang biru, dan bentangan padang rumput yang hijau. Sampai diatas Bukit Pengilon, pemandangannya lebih istimewa lagi karena di ketinggian ini kamu bisa melihat semuanya. Saat melihat ke arah barat kamu akan bisa melihat Pantai Banyu Nibo dan Pantai Siung. Sedangkan di arah timur Pantai Wedi Ombo dan Pantai Watu Lumbung akan menyapamu dengan kesegaran alaminya.

Lokasi Termudah Menuju Bukit Pengilon

Untuk Alamat Bukit Pengilon sendiri terletak di Tepus, Purwodadi, Gunung Kidul, Balong, Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Rute menuju ke Bukit Pengilon agak membingungkan, harus melewati beberapa pegunungan seribu yang ada di wilayah Kabupaten Gunungkidul. Namun jangan khawatir, akses jalan sampai ke pinggir pantai sudah beraspal halus. Untuk sampai ke bukit indah Pengilon dari Kota Jogja, harus melewati Jalan Wonosari, menuju ke arah Wonosari, setelah itu ambil ke arah selatan dan menuju ke arah Jalan Baron, kemudian lurus hingga menemui pertigaan Mulo Wonosari lalu berbelok ke timur. Ikuti terus jalan besar hingga pertigaan Indomaret Tepus. Lalu belok ke kiri dan mengikuti jalan ke arah selatan hingga sampai Pantai Watu Lumbung. Nah, begitu sampai di pantai Watu Lumbung kamu bisa memarkirkan kendaraanmu. Setelah itu kamu harus melewati jalan setapak ke arah barat mengikuti petunjuk arah untuk mencapai Bukit Pengilon.

Lokasi Wisata ini juga menarik untuk dikunjungi:

Harga Tiket Masuk Ke Bukit Indah Pengilon

Biaya tiket masuk ke Bukit Pengilon sangat murah, karena kamu hanya perlu membayar Rp. 5.000,- untuk masuk ke kawasan wisata.Untuk biaya parkirnya, kamu hanya perlu membayar Rp. 2.000,- untuk motor dan Rp. 5.000 untuk mobil. Fasilitas di Bukit Pengilon ini belum begitu lengkap seperti tempat wisata di Jogja yang biasanya dilengkapi dengan beragam fasilitas. Fasilitas seperti Toilet, Mushola, maupun Warung masih jarang kamu temui di bukit ini. Jadi sebelum ke Bukit Pengilon ini sebaiknya kamu mempersiapkan diri terlebih dulu dengan memanfaatkan fasilitas yang ada di Pantai Watu Lumbung yang cukup lengkap.

Meskipun masih minim fasilitas, mengunjungi bukit indah ini akan memberikan pengalaman tersediri untukmu. Segera coba kunjungi Bukit Pengilon dengan teman-temanmu ya.

About Author

client-photo-1
onejogja

Comments

Tinggalkan Balasan