Bukit Panguk Kediwung, Merasakan Sensasi Berada Di Atas Awan

Bukit Panguk Kediwung

Jogja memang layak menjadi salah satu destinasi wisata yang menjadi favorit wisatawan domestik maupun mancanegara. Terdapat banyak pilihan destinasi wisata di Jogja mulai dari wisata budaya, sejarah maupun wisata alamnya. Dari ratusan objek wisata yang terdapat di Kota Gudeg ini, salah satu objek wisata yang sedang diminati adalah Bukit Panguk Kediwung.

Melihat Panorama Yang Indah di Bukit Panguk Kediwung

Bukit Panguk Kediwung merupakan tempat yang tergolong sebagai lokasi wisata baru di Jogja. Pengelolaannya pun tergolong masih terbatas. Bukit ini dibuka untuk umum sekitar pertengahan tahun 2016 oleh masyarakat di kawasan ini. Oleh karena itu, Bukit Panguk Kediwung belum terlalu popular seperti destinasi wisata di sekitarnya.

Bukit Panguk Kediwung
Salah satu spot yang ciamik untuk berfoto di Bukit Panguk Kediwung

Bukit Panguk Kediwung menawarkan pesonanya yang begitu memikat. Menawarkan keindahan matahari terbit di atas awan, Begitu kamu sampai di puncak, maka pemandangan yang indah akan memuaskan matamu. Bentangan bukit yang berselimut kabut pagi membiaskan sinar matahari. Panorama terbaik yang bisa kamu lihat disini adalah matahari terbit dipadukan gumpalan kabut yang mirip seperti awan. Gumpalan kabut inilah yang membuat pengunjung menganggap saat matahari terbit di Bukit Panguk Kediwung terasa seperti berada di negeri di atas awan. Matahari terbit di bukit ini sangat jelas karena lokasinya yang menghadap ke ufuk timur.

Pesona Indah Bukit Panguk

Selain menyapa matahari terbit dan gumpalan kabut yang mirip seperti di atas awan, kamu juga bisa berfoto di beberapa spot yang telah disediakan. Terdapat lebih dari lima spot foto yang bisa kamu gunakan. Seluruh spot foto di Bukit Panguk Kediwung langsung menghadap ke tebing yang berhadapan langsung dengan hutan yang sangat lebat serta bentangan Sungai Oya yang seperti membelah hutan. Spot foto di tempat wisata ini berbeda dari spot foto lainnya. Spot foto di tempat wisata ini berbentuk perahu kertas, kupu-kupu, dan lain sebagainya. Jadi, jika kamu belum mempunyai kesempatan untuk menikmati pesona sunrise di atas awan, kamu tidak perlu kecewa karena kamu dapat menikmati Bukit Panguk Kediwung dengan berfoto di spot-spot foto yang anti minstream itu.

Pesona matahari terbit yang menyapamu dari Bukit Panguk Kediwung semakin sempurna rasanya jika dinikmati sambil menyeduh teh atau secangkir kopi ditemani makanan ringan dan music yang santai. Kamu bisa menikmati kuliner khas masyarakat sekitar di kawasan wisata ini. Kamu juga bisa menikmati makan pagi setelah puas melihat sunrise dan berfoto di beberapa spot foto itu.

Alamat Lengkap Dan Tiket Masuk Bukit Panguk

Lokasi wisata ini berada di Dusun Kediwung, Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul Yogyakarta.  Akses yang bisa kamu tempuh dari Jogja adalah menuju kearah Terminal Giwangan, sampai lampu lalu lintas Giwangan kemudian menuju kearah pasar Imogiri. Setelah  itu, belok ke kiri menuju ke Makam Raja Imogiri. Terdapat pertigaan sebelum makam, disitu kamu dapat menemukan papan petunjuk arah ke Kebun Buah Mangunan. Hanya tinggal mengikuti arah itu kamu akan menemukan papan petunjuk kearah Bukit Kediwung.

Fasilitas yang tersedia sudah cukup bagus dan akan terus ada peningkatan. Saat ini masih tersedia berbagai spot foto, warung makan dan tempat parkir saja. Kamu dikenakan biaya masuk yang cukup murah yaitu Rp. 7.000,- dan biaya parkir sebesar Rp. 2.000,- untuk motor dan Rp. 5.000,- untuk mobil.

Hal yang membuat kurang nyaman sebagian pengunjung adalah harus membayar jika ingin memanfaatkan spot-spot foto di tempat ini. Namun, demi mendapatkan pengalaman dan foto di momen yang tidak biasa ini, sebagian tidak akan menjadi masalah. Jika kamu menginginkan berfoto di semua spot foto ini, kamu bisa menghabiskan Rp. 200.000,-. Mahal ya?

Pengalaman mahal yang tidak mungkin bisa kamu lupakan jika berwisata di Bukit Panguk Kediwung. Akan lebih beruntung jika kamu bisa menikmati dua fenomena sekaligus yaitu sunset dan sunrise. Yuk, segera agendakan perjalananmu. Jangan lupa mampir juga ke wisata lainnya yang bisa kamu baca ulasannya di sini, Misalnya Jurang Tembelan yang tak kalah seru.

About Author

client-photo-1
onejogja

Comments

Tinggalkan Balasan