Sensasi Berendam di Pemandian Tirta Budi, Blue Lagoon-nya Sleman

Blue Lagoon Jogja kedalaman

Buat kamu yang pengen nikmatin pesona alam Jogja dengan harga yang murah meriah maka bisa datang ke Pemandian Tirta Budi. Tempat Pemandian dengan sumber mata air yang disebut-sebut sebagai Blue Lagoon Sleman.

Berada cukup jauh dari keramaian kota menjadikan tempat wisata ini khas dengan suasana pedesaannya. Masih sangat asri sehingga kamu yang berkunjung kesini akan merasakan kenyamanan, cocok dikunjungi untuk melepas penat hiruk piruk perkotaan.

Blue Lagoon ini adalah sebuah wisata air yang terbentuk dengan alami yang memiliki bentuk seperti ceruk atau kedung. Di sekelilingnya terdapat bebatuan alami yang menambah kesan menyejukkan ketika berendam disana. Kolam ini terbentuk oleh air yang berasal dari sendang kemudian berkumpul dan membentuk kedung.

Di desa Dalem yang menjadi lokasi Pemandian Tirta Budi ini sendiri terdapt 3 buah sumber mata air yang dijadikan sebagai tumpuan oleh masyarakat sekitar. Oleh karena itu tak heran jika desa ini dikatakan tidak pernah mengalami kesulitan air.

Serunya Mandi Dalam Kesejukan Blue Lagoon Jogja

Ketiga sumber tersebut adalah Sendang Lanang, Wadon, dan juga Belik Kluwih. Sendang Wadon , sesuai dengan namanya yaitu wadon atau wanita maka sendang ini dikhususkan sebagai tempat pemandian bagi para wanita. Bentuknya berupa sebuah kolam kecil yang letaknnya berada dalam sebuah bilik sehingga akan lebih tertutup ketimbang 2 buah sendang lainnya.

Source: KSMtour.com

Untuk Sendang Lanang dan Belik Kluwih berada tidak jauh dari Sendang Wadon dan memiliki bentuk pancuran pada sisi dinding tepi kali. Sendang Lanang memiliki bentuk kolam kecil yang hampir sama dengan Sendang Wadon sedangkan Belik Kluwih memiliki luas yang lebih lebar.

Baca juga:

Kedua buah sendang inilah yang paling banyak dimanfaatkan sebagai lokasi wisata, airnya yang jernih kebiruan membuat bagian dasar sungai menjadi terlihat. Inilah yang menjadi alasan mengapa tempat Pemandian Tirta Budi disebut sebagai Blue Lagoon ala Sleman.

Air yang ada disini cukup dalam namun masih aman untuk digunakan berendam, namun buat kamu yang belum bisa berenang maka perlu lebih hati-hati ya. Atau kalau mau lebih aman kamu bisa nih menyewa ban yang bisa disewa disana. Di sekitar kolam juga terdapat sebuah bendungan kecil yang bisa digunakan untuk berseluncur. Jika kamu menyukai hal-hal yang menantang maka bisa juga mencoba untuk melompat dari ketinggian dan terjun langsung ke sungai.

Selain bisa berendam atau hanya berenang kamu bisa juga menikmati relaksasi di kolam karena terdapat sebuah pancuran yang bisa memberikan sensasi terapi pijat. Air yang mengalir deras ke tubuh tentu akan bisa membuat badan menjadi lebih rilleks dan menghilangkan kepenatan yang ada.

Fasilitas

Kamu yang mau berkunjung ke Blue Lagoon-nya Sleman ini tidak perlu khawatir karena fasilitas yang disediakan sudah cukup lengkap. Terdapat fasilitas seperti toilet, ruang ganti pakaian, gazebo, dan juga warung-warung makanan. Buat kamu yang mau menginap bisa juga karena terdapat homestay yang bisa disewa.

Blue Lagoon Jogja harga tiket
Gambar: outingjogja.com

Rute

Untuk bisa ke lokasi ini maka kamu perlu menempuh jarak sekitar 15 km saja bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun menyewa mobil di rental mobil Jogja. Ambilah jalur menuju ke Kaliurang dan ikuti petunjuk arah menuju ke cangkringan.

Nah bagaimana tertarik untuk berkunjung ke Blue Lagoon yang dimiliki oleh Sleman ? untuk bisa menikmati keindahannya maka sebaiknya datang pada hari kerja saja. Untuk tiket masuk yang diterapkan disini cukup murah sehingga kamu bisa ajak seluruh keluarga menghabiskan waktu bersama.

About Author

client-photo-1
onejogja

Comments

Tinggalkan Balasan