Baron Technopark, Wisata Edukasi yang Unik dengan Jam Matahari

Jika anda sedang berwisata ke Jogja maka Gunungkidul merupakan salah satu lokasi yang tak mungkin anda lewatkan. Sebab di kawasan Gunungkidul banyak terdapat obyek wisata alam terutama wisata pantai. Tentunya masing-masing pantai di kawasan Gunungkidul menawarkan keunikan yang menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Selain wisata pantai, kini ada pula wisata edukasi di kawasan Gunungkidul yang mulai populer yaitu Baron Technopark. Sesuai dengan namanya, obyek wisata ini memang ditujukan bagi pelajar, mahasiswa maupun orang-orang yang ingin belajar tentang pengetahuan baru dengan cara yang lebih menarik.

Berwisata Alam dan Edukasi di Baron Technopark

Selama ini nama Baron Technopark memang masih asing di telinga wisatawan. Sehingga tak heran jika pengunjung yang datang mungkin masih belum sebanyak obyek wisata lainnya di Jogja. Perlu anda ketahui bahwa obyek wisata ini sebetulnya berada di kawasan pantai yang mempunyai tebing tinggi serta bebatasan langsung dengan lautan dalam. Tepatnya lokasi technopark ini berada sekitar 3 kilometer dari Pantai Baron dan Pantai Parangrucuk.

Baron Technopark ini juga menjadi kawasan dari Balai Pengkajian Dinamika Pantai atau BPDP. Dimana balai tersebut dibangun sebagai tempat untuk melakukan penelitian dan menjadi tempat pengembangan sumber enegeri alternatif berupa kincir angin. Tentu dengan adanya balai yang berada di kawasan technopark akan membuat kawasan pantai tersebut semakin unik dan menjadi daya tarik bagi wisatawan. Terlebih lokasinya yang memang berhadapan dengan laut lepas akan membuat wisatawan semakin penasaran untuk mengunjunginya.

Melihat Jam Matahari Raksasa

Selain bisa belajar ilmu pengetahuan, di kawasan ini anda bisa menikmati pemandangan laut yang indah serta hembusan udara yang terasa segar. Salah satu yang unik dari kawasan Baron Technopark adalah adanya jam matahari yang bisa digunakan sebagai lokasi berselfie. Ukuran jam matahari tersebut sangatlah besar dan menjadi penanda waktu melalui jarum jam berukuran raksasa. Biasanya jam matahari ini digunakan sebagai media pembelajaran bagi pengunjung. Jarum-jarum raksasa dari jam matahari akan menghasilkan bayangan saat terkena cahaa matahari sehingga akan menunjukkan waktu melalui angka romawi pada jam tersebut.

Baron Technopark

Selain jam matahari, di Baron Technopark juga terdapat tanaman energi seperti buah naga, jagung hingga jarak pagar, Berbagai jenis tanaman tersebut ditanam dengan rapi dan memang sengaja dikembangkan sebagai tanaman yang bisa menghasilkan sumber energi. Selain kincir angin dan jam matahari, di tempat wisata ini terdapat banyak peralatan canggih maupun tempat yang berhubungan dengan pengetahuan diantaranya solar panel, wave turbin, pengolahan minyak nabati, stasiun cuaca, gedung kontrol. aula rumah kayu, dan lain sebagianya.

Jangan lewatkan:

Alamat dan Rute Menuju Tempat Wisata Ini

Lokasi technopark tersebut berada di Desa Planjan, Saptosari, Gunungkidul, YogyakartaJika anda ingin berkunjung ke Baron Technopark maka anda bisa memilih rute menuju ke Pantai Baron. Selanjutnya dari rute tersebut anda bisa masuk ke kanan sebelum pintu gerbang menuju Pantai Baron. Akan ada papan petunjuk ke technopark yang berjarak sekitar 1 kilometer dari papan petunjuk tersebut. Bila anda ingin menuju ke spot jam matahari maka anda harus berjalan kaki terlebih dahulu karena lokasinya yang berada di puncak tebing. Saat berada di spot jam matahari, anda bisa melihat pemandangan laut yang memukau sambil berfoto dengan latar belakang laut.

Harga Tiket Masuk

Untuk harga tiket masuk ke technopark ini sebaiknya anda tak perlu khawtair karena dijamin gratis alias tidak dipungut biaya. Namun mungkin anda akan diminta membayar parkir yang juga tidak begitu mahal. Saat memasuki kawasan ini akan ada petugas yang siap memberikan penjelasan mengenai teknologi yang dikembangkan di kawasan ini sehingga tak heran bila tempat ini sangat cocok sebagai destinasi wisata edukasi.

About Author

client-photo-1
onejogja

Comments

Tinggalkan Balasan