Bakpia Pathok, Si Mungil Legit Yang Tiada Duanya

Bakpia Pathok

Jogja selalu menyajikan wisata yang luar biasa dan tidak ada habisnya. Jogja yang merupakan kota wisata yang sudah terkenal sejak dulu kala. Mulai dari wisata candi sebagai situs warisan peninggalan jaman kuno, wisata pantai yang panjang membentang, wisata belanja, hingga wisata kulinernya. Salah satu kuliner yang namanya sudah sangat melekat erat dengan Jogja adalah Bakpia Pathok.

Rasa Yang Manis Legit Dari Makanan Bakpia Pathok

Bakpia adalah makanan khas jogja yang sudah sangat popular bagi masyarakat Indonesia. Bentuknya kecil dengan rasa yang manis dan legit dan menjadi magnet bagi para pecinta kuliner. Bakpia merupakan salah satu makanan yang diminati oleh turis local maupun mancanegara. Selain rasanya yang gurih, manis dan ramah di lidah, harga yang ditawarkan juga sangat murah. Bahan pembuatannya juga sangat sederhana, namun rasanya sangat istimewa. Hal inilah yang menjadi ciri khas dari Bakpia Jogja.

Nikmati juga kuliner lainnya di:

Bakpia berasal dari daerah di Jogja bernama Bakpia Pathok. Daerah ini merupakan sentra bakpia sejak tahun 1948 sekaligus juga tempat lahirnya makanan khas Jogja ini. Di kawasan Pathok, terdapat berbagai tempat produksi yang sangat melegenda rasanya. Rasanya yang unik ini bahkan terkenal hingga mancanegara. Di setiap tempat produksi, masing-masing mempunyai bumbu rahasia. Selain dibuat dengan bumbu khusus, teknik pembuatan bakpianya juga unik.

Sekarang Berkembang Menjadi Beragam Varian Rasa

Bakpia lebih enak dimakan saat masih hangat, karena rasa bakpianya semakin nyuss. Bagian kulit pia yang tipis dan kering memberi kesan renyah dan sangat gurih di lidah. Saat mengunyah, rasa manis dari kacang hijau seketika melumer di mulut. Beberapa tempat produksi juga mempersilakan untuk melihat proses pembuatannya secara langsung di pabriknya mulai dari proses pengisian sampai proses pemanggangan yang menggunakan tungku bakar. Jadi kamu bisa membawa bakpia fresh yang baru diangkat dari pemanggangnya.

Bakpia Pathok
Bakpia Pathok 25, salah satu yang legendaris.
Sumber: Kompasiana

Ada beberapa varian rasa dari bakpia khas Jogja ini, mulai dari rasa kacang hijau, coklat, strawberry, keju sampai rasa unik lainnya. Banyak tempat produksi bakpia yang terkenal yaitu Bakpia Pathok 75, Bakpia Pathok 25, Bakpia Djava dan masih banyak lagi. Yang jelas, kamu akan banyak menjumpai banyak sekali tempat produksi bakpia Jogja di wilayah Pathuk.

Letak Membeli Bakpia Dan Macam Harganya

Terdapat banyak macam bakpia dengan berbagai merk, namun dua yang direkomendasikan yaitu Bakpia Pathok 75 dan 25. Bakpia Pathok 75 terletak di Jalan A.K Satsuit Tubun dekat dengan Jalan Malioboro. Bakpia di tempat ini memiliki beberapa macam rasa, tidak hanya cokelat dan keju, namun juga terdapat beberapa varian rasa buah-buahan. Bakpia Pathok 75 dijual dalam kemasan kardus berisi 20 buah. Harga Bakpia Pathok 75 yang ditawarkan mulai dari Rp. 25.000,- hingga Rp. 27.500,- per kardus. Selain di Jl. KS. Tubun no. 75 dan no 83, Bakpia Pathok juga bisa ditemukan di Jl. H.O.S Cokroaminoto 119 B dan Jl. Magelang km 45 (Depan TVRI), Jogja. Bakpia hanya bertahan sekitar 6 sampai 10 hari saja karena dalam perngolahanny tidak dicampurkan bahan pengawet. Namun jika dimasukkan lemari pendingin, bisa bertahan hingga 2 sampai 3 hari berikutnya.

Sedangkan Bakpia Pathok 25 menawarkan bakpia rasa kacang hijau, cokelat, keju dan nanas. Satu kotakn berisi 20 buah. Di tempat ini juga menawarkan kotak bakpia isi campur, yaitu rasa keju, cokelat dan nanas. Terdapat juga bakpia premium harganya agak mahal berisi 15 buah dengan ukuran agak besar. Bakpia premium varian rasa yang lebih banyak yaitu cokelat, keju, cappucino, durian, kacang hijau, kumbu hitam, green tea, dan telo ungu. Pabriknya berdada di Jalan AIP II KS Tubun NG I No. 504, Pathuk, Jogja. Harga yang di tawarkan juga bervariasi yaitu Bakpia Kacang Hijau dan Bakpia Isi Campur berharga Rp. 35.000,- sedangkan Bakpia Premium Keju Rp. 50.000,-.

Bagaimana? Apakah kamu belum pernah mencicipi kuliner mungil khas Joga ini? Yuk segera cicipi kuliner Bakpia Pathok.

About Author

client-photo-1
onejogja

Comments

Tinggalkan Balasan