Air Terjun Sri Gethuk, Surga Di Antara Tanah Tandus

air terjun Sri Gethuk

Jogja menyimpan potensi keindahan alam yang menakjubkan. Bagi kamu yang ingin bermain air sambil menikmati panorama alam, terdapat alternatif selain pantai yang bisa dikunjungi yaitu air terjun. Jogja mempunyai banyak air terjun yang segar dan pemandangan alamnya yang memuaskan mata. Salah satunya adalah air terjun Sri Gethuk.

Air Terjun Sri Gethuk Sajikan Kesejukan Alam

Air terjun ini mempunyai keunikan yang berbeda jika dibandingkan dengan air tejun lain di Jogja. Sri Gethuk  berada di tebing yang di sampingnya terdapat aliran sungai. Lokasinya agak tersembunyi di antara tebing karst. Air terjun ini berasal dari mata air abadi yang tidak pernah kering. Aliran airnya mengalir menuju Sungai Oya yang tampak membelah tanah tandus Gunungkidul.

Banyak yang menanyakan tentang penamaan Sri Gethuk. Sebagian besar pasti akan mengira jika pemberian nama Gethuk berkaitan dengan makanan terbuat dari ketela atau singkong. Anggapan tersebut ternyata tidak benar lho. Air terjun Sri Gethuk berasal dari legenda di desa dimana air terjun ini berada. Menurut warga sekitar, di tempat ini  dulunya sering terdengar suara gamelan terutama saat menjelang maghrib. Suara gamelan tersebut terdengar suara “thuk” “thuk” “thuk”. Dari sinilah nama Sri Gethuk diberikan. Ketika suara gamelan mulai terdengar di air terjun ini, jika seseorang yang mendatangi arah suara, maka suara gamelan itu akan hilang. Namun suara ini tidak langsung muncul ketika pengunjung datang. Konon hanya orang-orang tertentu yang dapat mendengarkan suara itu.

Keseruan Di Air Terjun Yang Menakjubkan Ini

Nah, jika kamu berminat untuk berkunjung, kamu harus menyisir sungai dengan jarak sekitar 700 meter. Jangan khawatir, disediakan fasilitas semacam perahu yang terbuat dari drum untuk para pengunjung yang datang. Dengan menggunakan fasilitas ini, kamu akan dibawa menyusuri sungai dengan pemandangan yang eksotis selama 10 sampai 15 menit.

air terjun Sri Gethuk

Namun jika kamu lebih suka tanpa menaiki perahu, kamu bisa memilih jalur jalan setapak naik turun bukit untuk menuju air terjun ini. Pemandangan di jalur ini pun tidak kalah menggoda. Hanya saja kamu hanya membutuhkan tenaga dan waktu ekstra untuk menuju dan kembali dari lokasi air terjun Sri Gethuk.

Lokasi Alamat Lengkap Air Terjun Sri Gethuk

Air terjun ini beralamat di Desa Bleberab, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Lokasi lumayan jauh dari pusat Kota Jogja. Akses jalan menuju Sri Gethuk sudah cukup bagus. Jarak dari Kota Jogja menuju ke air terjun ini sekitar 32 KM dan waktu tempuhnya kurang dari 2 jam perjalanan.

Wisata Jogja yang tak boleh dilewatkan:

Rute yang harus kamu tempuh menuju air terjun Sri Gethuk jika dari arah Kota Yogyakarta, yaitu menuju ke arah Jalan Wonosari. Ikuti jalan menuju ke arah timur hingga sampai di daerah Pathuk. Sampai di Pathuk, ikuti jalan hingga menjumpai pertigaan Gading. Setelah itu belok kanan hingga sampai di kecamatan Palihan. Seampai di Palihan, kamu akan menjumpai pertigaan, lalu belok ke kanan. Di pertigaan ini kamu akan menemukan papan petunjuk arah untuk menuju ke lokasi air terjun. Kamu hanya perlu mengikuti petunjuk dan sampailah di lokasi air terjun.

Tiket Masuk Air Terjun Sri Gethuk Yang Terjangkau

Tiket masuk air terjun Sri Gethuk sangat terjangkau. Untuk dapat memasuki kawasannya kamu hanya perlu membayar biaya sebesar Rp. 13.000,- perorang dan Rp. 10.000,- untuk tiket mengendarai perahu. Biaya parkir air terjun adalah  Rp. 2.000,- untuk kendaraan roda dua dan Rp. 5.000,- untuk kendaraan roda empat. Fasilitas umum di air terjun saat ini sudah cukup lengkap yaitu warung makan, mushola, tempat parkir, toilet dan perahu wisata.

Pemandangan alam yang mempesona yang ditawarkan di air terjun Sri Gethuk dijamin akan membuatmu tidak berkedip. Jadi tunggu apa lagi? Yuk segera berkunjung kesini.

About Author

client-photo-1
onejogja

Comments

Tinggalkan Balasan