Air Terjun Lepo, Destinasi Alami yang Mempesona di Dingo, Bantul

Airterjunlepo

Satu lagi obyek wisata air terjun di Jogja yang sangat rekomended untuk dikunjungi. Yaitu air terjun Lepo yang ada di Kecamatan Dlingo, Bantul, Yogyakarta. Menilik namanya, kata Lepo ini merupakan singkatan dari Ledok Pokoh yang artinya adalah lembah di Dusun Pokoh.

Air terjun ini telah dibuka sebagai tempat wisata sejak tahun 2013 yang lalu. Tak sedikit yang menyebutkan bahwa Air Terjun Lepo memiliki kemiripan dengan Erawan Falls yang merupakan salah satu air terjun di Erawan National Park, Thailand. Nah, penasaran ingin berkunjung ke sana, tak ada salahnya simak  gambarannya berikut ini.

Keistimewaan Air Terjun Lepo

Air Terjun Lepo ini dikelola oleh warga setempat. Sekitar air terjun juga sudah dilengkapi dengan batu yang sudah ditata sedemikian rupa sehingga Anda pun bisa mengunjunginya dengan mudah. Air terjun ini terdiri dari beberapa tingkat, dimana tingkat yang pertama ketinggiannya bisa dikatakan sedang dengan kedalaman kolam kira-kira setengah meter. Karena tidak terlalu dalam, otomatis kolam air terjun tingkat pertama ini cukup aman untuk ana-anak.

Sedangkan pada tingkat kedua, sisi-sisinya lebih curam serta licin, dengan jalanan yang harus ditempuh adalah jalanan batu yang juga curam. Kedalamamn kolamnya adalah sekitar selutut orang dewasa dengan bebatuan berbentuk balok besar yang seolah disusun dengan rapi.

Nah, lanjut ke tingkat yang ketiga, air terjunnya tidak terlalu tinggi namun kedalaman kolamnya mencapai 2 meter sehingga jika untuk orang dewasa, air terjun yang tingkat ketiga inilah yang lebih pas. Selain dalam, kolamnya juga lumayan luas jika dibandingkan dengan kedua kolam sebelumnya.

Jika berbicara tentang waktu terbaik untuk berkunjung, jawabannya adalah saat musim kemarau. Mengapa? Karena di musim kemarau inilah volume airnya tidak terlalu besar sehingga tidak terlalu berbahaya, dan juga warna air menjadi lebih cantik dengan warna kebiruannya. Sedangkan pada musim penghujan, vilume air menjadi besar dan cukup deras serta ada kemungkinan volume meningkat sewaktu-waktu dan warnanya juga kecokelatan.

Fasilitas yang Ada di Air Terjun Lepo

Sebagaimana yang kami sampaikan sebelumnya bahwa Air Terjun Lepo ini adalah objek wisata yang dikelola sendiri oleh masyarakat sehingga belum dilengkapi oleh fasilitas yang memadai. Disini Anda hanya akan menemukan warung makan sederhana yang menyediakan aneka ragam menu, tempat persewaan pelampung serta tikar, kamar mandi serta aula dan tempat parkir yang sebenarnya menggunakan halaman rumah warga sekitar 100 meter dari lokasi. Uniknya lagi adalah retribusi yang dibayarkan di objek wisata ini adalah seikhlasnya saja.

Lokasi Air Terjun Lepo

Air Terjun Lepo ini terletak di Dusun Pokoh 1, yakni di Desa Dlingo, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta.

Rute Menuju ke Air Terjun Lepo

Sedangkan soal rute menuju ke Air Terjun Lepo, jika Anda berangkat dari Pusat Kota Yogyakarta, Anda bisa langsung melewati Jl. Imogiri Timur dari Terminal Giwangan, hingga Anda menemui adanya pertigaan di sebelah selatan Pasar Imogiri. Silahkan Anda belok kiri di pertigaan ini kemudian ambil arah yang menuju ke Kebun Buah Mangunan dan Dlingo.

Setelah sampai di persimpangan jalan di Mangunan, arahkan kendaraan untuk menuju ke Pasar Dlingo atau pusat Kecamatan Dlingo. Nah, sebelum memasuki pasar, anda akan melihat adanya jalan yang mengarah ke kanan, silahkan Anda ikuti papan petunjuk yang ada di sana.

Oke, itu dia ulasan singkat kami mengenai Air Terjun Lepo yang ada di Dlingo, Bantul. Semoga apa yang kami sampaikan di atas bisa bermanfaat.

About Author

client-photo-1
onejogja

Comments

Tinggalkan Balasan