Air Terjun Kedung Pedut, Menyegarkan Pikiran Di Air Terjun Dua Warna

Air Terjun Kedung Pedut

Jogja tidak hanya menawarkan wisata belanja murah, wisata kuliner, atau pun bangunan bersejarah saja. Kota yang terkenal dengan julukan Kota Pelajar ini memiliki keindahan alam yang membuat siapapun tidak mampu menolaknya. Salah satunya adalah wisata alam Air Terjun Kedung Pedut.

Merefresh Pikiran Di Air Terjun Dua Warna Kedung Pedut

Air Terjun Kedung Pedut merupakan air terjun yang menawarkan keunikan warna air dan pesona alamnya yang menarik. Air terjun ini memiliki dua warna yaitu putih jernih dan hijau. Warna putih jernih berasal dari aliran deras dari air terjun yang berada di samping kedung. Sedangkan warna hijau berasal dari pantulan batuan yang ada di dasar sungai yang terpancar dari cahaya matahari. Air terjun ini sebenarnya masih termasuk dalam satu aliran dengan wisata alam lain, yaitu wisata alam Air Terjun Kembang Soka dan mata air Mudal. Mata air Mudal merupakan sumber air alami dari air terjun Kembang Soka dan Kedung Pedut.

Air Terjun Kedung Pedut Terbentuk Secara Alami

Selain keunikan dari warna airnya, keunikan lain dari Air Terjun Kedung Pedut ini adalah adanya kolam alami. Kolam inilah yang di sebut dengan Kedung. Kedalaman dari kolam atau cekungannya cukup dalam, kurang lebih sekitar dada hingga leher orang dewasa. Kedung ini sering dimanfaatkan sebagai tempat untuk bermain air. Sedangkan lokasi yang berada di sekitar air terjun hanya untuk dinikmati saja.

Air Terjun Kedung Pedut

Kamu dapat menemukan beberapa kedung yang berbeda di Air Terjun Kedung Pedut, yaitu Kedung Lanang, Kedung Wedok, Kedung Merang, Kedung Merak, dan Kedung Anyes. Pada masing-masing kedung memiliki kedalaman yang berbeda sekitar 2 sampai 5 meter. Kamu juga dapat menjumpai bambu-bambu yang berada di dinding tebing yang menambah kesan alami dari tempat ini. Bambu-bambu ini menempel dengan sangat kuat dan dapat kamu gunakan sebagai tempat duduk untuk menikmati keindahan kolam alami. Bisa juga kamu manfaatkan sebagai tempat beristirahat setelah bermain di kolam.

Alamat Lengkap Menuju Ke Air Terjun Kedung Pedut

air terjun ini lokasinya berada di sebelah timur kota Jogja yaitu di Kabupaten Kulon Progo. Lokasi Air Terjun ini tidak sulit untuk dicapai. Namun, lokasinya memang agak jauh dari pusat kota Jogja. Alamatnya di Desa Jatimulyo, Kecamatan Giri Mulyo, Kulon Progo, Jogja. Jarak yang dapat kamu tempuh dari pusat kota Jogja ke Air Terjun ini cukup jauh, sekitar 35 kilometer dan waktu tempuh normal untuk kendaraan roda dua dari pusat Kota Jogja menuju ke lokasi sekitar 1 jam.

Kalau ke sini, jangan lupa untuk mampir juga ke:

Rute yang harus kamu tempuh menuju wisata alam Air Terjun Kedung Pedut yaitu, jika kamu berangkat dari pusat Kota Jogja, arahkan kendaraan menuju ke selatan melewati Jl. Mayor Suryotomo hingga perempatan, belok ke barat lewat Jl. Panembahan Senopati. Lalu jalan lurus hingga melewati Jl. KH. Ahmad Dahlan, lurus lagi hingga melewati Jl. R.E. Martadinata, setelah melewati Jl. Wates hingga ke persimpangan lalu menuju ke utara melewati Jl. Siliwangi. Setelah menjumpai perempatan lalu menuju ke arah barat melewati Jl. Godean. Setelah itu lurus hingga melewati Jl. Raya PS Kenteng. Kamu hanya perlu mengikuti jalan yang ada hingga sampai ke Air Terjun Kedung Pedut.

Harga Tiket Masuk Yang Terjangkau

Biaya tiket masuk ke Air Terjun Kedung Pedut relative murah. Kamu hanya perlu membayar  biaya masuk sebesar Rp. 6.000,-/orang. Harga tiket parkirnya adalah Rp. 3.000,- untuk kendaraan roda dua dan Rp. 10.000,- untuk mobil. Fasilitas umum di air terjun ini ini sudah cukup lengkap, mulai dari kamar mandi, tempat duduk dari bambu, Gardu Pandang, Area parkir yang cukup luas, warung makanan, Jembatan dari bambu hingga Pancuran dari bambu. Cukup lengkap kan?

Apakah sudah cukup membuatmu penasaran? Yuk, segera berkunjung ke Air Terjun Kedung Pedut. Rasakan sendiri kesegarannya.

About Author

client-photo-1
onejogja

Comments

Tinggalkan Balasan