Air Terjun Kedung Kandang: Surga Di Tengah Hamparan Sawah Berundak

Air Terjun Kedung Kandang

Yogyakarta merupakan daerah yang dihadiahi dengan bentang alam yang sangat beragam. Gunung, bukit, pantai, tebing sungai, hingga air terjun semuanya ada di Jogja. Tidak mengherankan jika Jogja merupakan tempat favorit sebagai tujuan wisata dan paling terkenal di Indonesia. Masih cukup banyak tempat wisata tersebunyi di Jogja yang menyimpan keindahan, salah satunya adalah Air Terjun Kedung Kandang.

Nikmati Gemericik Air Terjun Yang Bertingkat-tingkat di Air Terjun Kedung Kandang

Air Terjun Kedung Kandang merupakan salah satu air terjun terbaik di Jogja. Di air terjun ini menyajikan pesona yang sangat luar biasa. Berbeda dengan air terjun pada umumnya, air terjun ini terletak di gugusan tebing batu dan kawasan sawah susun atau berundak yang membentuk terasering seperti yang terdapat di Ubud Bali.

Air Terjun Kedung Kandang
Dari sudut pandang yang lain.
Source: tempatwisataunik.com

Air Terjun Kedung Kandang adalah objek wisata alami yang merupakan bekas aktivitas vulkanik Gunung Api Purba Nglanggeran. Bebatuan di air terjun ini didominasi oleh batuan vulkanik khas gunung api, karena kawasan ini memang terletak tidak jauh dari Gunung Api Nglanggeran. Disini kamu akan mendapati tebing-tebing batu vulkanik dan bentangan sawah. Air Terjun Kedung Kandang mempunyai 3 kedung. Kedung Kandang terletak di paling bawah dan ukurannya paling besar, Kedung kedua dinamakan dengan Kedung Temanten dan kedung ketiga adalah Kedung Keris.

Air Terjun Kedung Kandang letaknya cukup tersembunyi dan sangat unik. Mengapa? Karena air terjun ini mempunyai bentuk berundak atau bersusun seperti anak tangga. Terdapat sekitar 6 tingkatan air terjun. Hal ini membuat pemandangan di sekitarnya menjadi sangat menakjubkan. Hijaunya persawahan dan warna putih air terjun berpadu secara alami. Hal ini tentunya akan menampilkan pesona yang menarik bagi siapapun yang melihatnya. Tak hanya pesonanya yang indah, tempat ini menawarkan trekking menyusuri jalur sepanjang 800 meter dengan rute naik turun bukit. Kamu tidak perlu kawatir, rasa bosan tidak akan mengganggumu karena kamu akan ditawari dengan pemandangan hamparan sawah dan pepohonan serta gemercik air menuju ke tempat wisata ini.

Lokasi dan Rute Menuju Air Terjun Kedung Kandang

Air Terjun Kedung Kandang berlokasi di Dusun Gunungbutak, Desa Nglanggeran Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunungkidul, Jogja. Letaknya tidak jauh dari embung dan Gunung Api Purba Nglanggeran, Jadi tidak sulit untuk menemukan air terjun ini. Rute untuk mencapai Air Terjun Kedung Kandang melewati Jalan Wonosari, ambil arah menuju ke Kecamatan Pathuk. Sebelum kea rah SMPN 2 Pathuk ambil arah kiri ke Dusun Bobung. Setelah melewati perempatan, ambil arah ke kiri. Setelah menemukan warung mie ayam mbak Nining masuk ke kiri. Jika kamu menemukan lapangan Volly, kamu bisa memarkirkan kendaraanmu disitu. Jarak dari parkiran ke kawasan air terjun masih benar-benar jalan tanah tanpa cor. Kamu bisa menikmati pemandangan khas sawah  yaitu para petani yang sedang bercocok tanam.

Menikmati Rute Menuju Air Terjun Ini

Jalur yang akan kamu lewati masih didominasi oleh tanah dan jika musim hujan datang, kondisinya akan menjadi licin sehingga kamu perlu untuk berhati-hati. Selama trekking terkadang kamu akan menjumpai petani atau masyarakat yang sedang beraktivitas di kawasan ini. Jangan ragu untuk menyapa atau bertanya jika sedang mengalami kesulitan, masyarakat sekitar akan akan menjawab dengan ramah. Jangan lupa memakai alas kaki yang nyaman. Wisata Air Terjun Kedung Kandang kurang cocok untuk usia lanjut ataupun anak-anak karena medan yang kurang bersahabat.

Fasilitas yang ada di kawasan wisata ini kurang lengkap, namun ada beberapa warun jajanan sederhana, tempat parkir atau penitipan kendaraan dan toilet. Kamu tidak akan dikenakan biaya parkir, namun kamu perlu mengeluarkan biaya sukarela untuk tiket parkir. Oiya, terdapat larangan yang ada di kawasan ini adalah kamu dilarang mandi di kedung-kedung sekitar.

Nah, itulah sedikit ulasan tentang wisata Air Terjun Kedung Kandang yang kami rekomendasikan untukmu dan bisa kamu masukkan ke jadwal liburanmu. Berminat? Yuk mulai atur jadwal. Oh ya, mungkin kamu perlu juga main ke air terjun cantik di tepi pantai. Nah, cek dulu ulasan tentang Pantai Jogan.

About Author

client-photo-1
onejogja

Comments

Tinggalkan Balasan