Air Terjun Gedad, Destinasi Baru yang Eksotis di Gunungkidul

airterjungedad

Sebagaimana yang kita tahu, salah satu kabupaten di Yogyakarta yang kaya akan potensi wisatanya, ialah Kabupaten Gunungkidul. Dan belum lama ini, kembali Gunungkidul memperkenalkan objek wisata alam yang baru saja resmi dibuka. Objek wisata alam ini berupa air terjun dan namanya adalah Air Terjun Gedad atau yang biasa disingkat juga dengan ATG.

Objek wisata yang baru dibuka sekitar bulan Desember 2016 yang lalu ini, lokasinya berdekatan dengan salah satu objek wisata yang lain yang juga tak kalah mempesona, yakni Air Terjun Sri Gethuk. Sehingga jika Anda hendak menuju ke Air Terjun Gedad ini, Anda bisa melalui rute yang sama dengan Air Terjun Sri Gethuk.

Keistimewaan Air Terjun Gedad

Jadi, tepat sekitar satu tahun lalu Air Terjun Gedad ini dibuka sendiri oleh Karang Taruna Dusun Gedad. Air terjun mempesona ini memiliki aliran yang cukup deras, namun yang membuatnya tampak istimewa adalah tebing yang menjadi landasan air untuk terjun tampak berpunuk-punuk sehingga seperti berbentuk cembung.

Air Terjun Gedad juga tidak terlalu tinggi, hanya sekitar 10 hingga 15 meter. Berdasarkan cerita, air terjun ini ditemukan oleh seorang pemuka agama yang bernama Abu Dardak. Nah, Kyai Abu Dardak ini konon menggali tanah di Gunung Nggrunggung kemudian membuka aliran air di bawah yang kemudian dialirkannya ke Dusun Gedad dengan melewati tebing pegunungan, dimana salah satunya menjadi Air Terjun Gedad yang sekarang ramai diperbincangkan di media sosial ini.

Sedangkan di bagian atas air terjun, terdapat sebuah pesantren yang merupakan peninggalan dari Kyai Abu Dardak, dimana pesantren ini sekarang diurus oleh putranya.

Objek wisata Air Terjun Gedad bahkan sudah dilengkapi dengan semacam geladak atau jembatan yang terbuat dari kayu yang instagramable dan rugi kalau tidak sempat berposes di atasnya. Merasa lapar setelah puas menikmati pemandangan di sini? Jangan khawatir, Anda bisa kembali ke jalan sebelum sampai di lokasi karena di kanan-kiri jalan itulah banyak warga yang membuka warung dengan menjajakan makanan serta minumannya.

Lokasi Air Terjun Gedad

Jadi, objek wisata yang cukup istimewa ini adalah milik Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta, dengan lokasi tepatnya adalah Dusun Gedad yang merupakan bagian dari Desa Banyusoco, Kecamatan Playen. Air terjun ini berada sekitar 50 km jauhnya dari pusat Kota Yogyakarta dengan waktu tempuh yang diperlukan adalah sekitar 2 jam lamanya.

Rute Menuju ke Air Terjun Gedad

Seperti yang sudah kami sampaikan sebelumnya, bahwa Air Terjun Gedad ini berada dekat dengan Air Terjun Sri Gethuk, bahkan keduanya terletak di kecamatan yang sama, sehingga otomatis Anda bisa mencapainya dengan mengikuti rute yang menuju ke Air Terjun Sri Gethuk. Tetapi, setelah Anda sampai di pos pertigaan yang mengarah ke Air Terjun Sri Gethuk, silahkan Anda ambil jalan yang ke kiri hingga Anda menemukan perempatan balai Desa Banyusoco.

Nah, di perempatan ini, Anda bisa langsung ambil jalan ke kiri dan tak lama kemudian Anda pun akan melihat banyaknya papan petunjuk yang bersedia menuntun Anda untuk menuju ke lokasi.

Perlu Anda ketahui bahwasanya setelah Anda sampai di lokasi, Anda akan melihat sebuah air terjun kecil sebagai permulaan. Jangan berhenti di sana, sebaliknya teruskan perjalanan Anda karena Air Terjun Gedad yang dimaksud sebenarnya berada di balik tebing kapur.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Gedad

Tiket masuk Air Terjun Gedad sebenarnya bukanlah hal yang perlu Anda khawatirkan, karena harganya sangat murah, yakni hanya Rp 5.000 dan itu sudah termasuk dengan biaya parkirnya.

About Author

client-photo-1
onejogja

Comments

Tinggalkan Balasan